Produk dan layanan dapat dirancang untuk memungkinkan dan mendukung masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari dengan cara yang mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan sosial. Merancang Perilaku Berkelanjutan berarti menemukan solusi yang lebih berkelanjutan terhadap permasalahan sehari-hari masyarakat dibandingkan menganggap manusia sebagai permasalahan keberlanjutan.

Desain untuk Perilaku Berkelanjutan adalah pendekatan desain yang berpusat pada pengguna dan penggunaan yang dapat diterapkan untuk merancang produk dan layanan yang menciptakan prasyarat untuk kehidupan sehari-hari yang berkelanjutan. Pendekatan ini memberdayakan praktisi desain untuk mengatasi dampak desain mereka selama tahap penggunaan siklus hidup suatu produk hasil rancangannya.

Ada banyak peluang bagi desainer untuk memungkinkan dan mendukung masyarakat untuk bertindak dengan cara yang lebih berkelanjutan. Misalnya, desain sistem dan teknologi yang inovatif dapat digunakan untuk memfasilitasi interaksi dan mendukung masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tanpa dampak lingkungan dan sosial yang dapat dihindari. Untuk merancang produk dan layanan yang berhasil mendukung kehidupan sehari-hari yang berkelanjutan, desainer harus memperoleh pemahaman menyeluruh tentang pengguna yang dituju, mengeksplorasi peluang desain secara holistik, dan menggunakan strategi desain yang sesuai.

Saat merancang perilaku berkelanjutan, penting untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang pengguna, kebiasaan dan perilaku interaksi mereka, serta bagaimana hal-hal tersebut berkontribusi terhadap aktivitas masyarakat sehari-hari. Yang juga penting adalah memahami faktor-faktor kontekstual yang mempengaruhi peluang aktual dan persepsi pengguna untuk berperilaku lebih berkelanjutan. Oleh karena itu, investigasi untuk menginformasikan pekerjaan desain harus mencakup studi pengguna yang mendalam. Memahami apa yang dilakukan dan dipikirkan khalayak saja tidak cukup, kita juga harus memahami apa yang diketahui, dirasakan, dan diimpikan mereka. Jelajahi peluang desain secara holistik dengan menggali insight.

Prasyarat untuk perilaku berkelanjutan dapat diciptakan dengan berbagai cara dan dalam kaitannya dengan berbagai lapisan desain. Desainer tidak hanya dapat menentukan aktivitas apa yang dimungkinkan oleh desainnya dan jenis produknya, namun juga fungsi operatif, interaktif, dan komunikatif yang dimilikinya. Untuk meningkatkan potensi dalam mendukung keberlanjutan dalam kehidupan sehari-hari, penting untuk mengeksplorasi peluang desain dalam kaitannya dengan semua lapisan desain. Ketika semua lapisan dipertimbangkan, produk atau layanan yang dihasilkan dapat mendukung sepenuhnya perilaku berkelanjutan secara holistik. Misalnya, jika produk tidak memiliki kualitas komunikatif dan interaktif yang baik, atau jika produk tidak memberikan fungsi yang sesuai sehingga memungkinkan orang untuk menggunakannya secara efektif untuk tujuan tertentu, maka produk tersebut berisiko ditinggalkan atau digunakan dengan cara yang kurang berkelanjutan.