Master Class: Creative Industry Leadership
Acara Master Class – Master of Design Binus University berupaya untuk memberikan Knowledge tentang interdisiplin ilmu desain dengan tujuan untuk memajukan dan memberdayakan masyarakat. Topik yang diambil didasari oleh nama mata kuliah yang terdapat dalam Program Binus Graduate Program Master of Design: Creative Industry Leadership (27 Juli 2024). Premis dari master class ini adalah menghasilkan riset dan karya creative dengan pendekatan data yang tepat, sehingga design outcome dapat di monetisasi.
Pembicara pertama Dr. Dyah Gayatri Puspitasari, S.Sn., M.Ds menyampaikan, bagaimana proses berfikir out of the box dapat dihasilkan melalui proses pencarian data terhadap pengalaman dan literasi. Riset kreatif dapat juga dikatakan sebagai “state of the art”: Berarti posisi penelitian menghasilkan kemenarikan dari penelitan sebelumnya. Cara mencapai “State of the Art” dapat digambarkan demikian:
Materi dilanjutkan dengan proses karya kreatif yang disampaikan oleh Dr. Drs. Lintang Widyokusumo, M.F.A. Pemahaman praktis dalam berkarya dapat di lakukan salah satunya dengan model design double diamond. Model design ini dibagi menjadi dua yaitu finding the right problem, finding the right solution. Seorang Designer melalui karya designnya perlu menghasilkan solusi yang tepat bagi masyarakat, data riset dibutuhkan untuk menjadi dasar perancangan. Berikut ini adalah proses berkarya yang harusnya dimiliki seorang advance designer:
Proses riset dan karya dalam desain perlu memiliki nilai profit secara ekonomi, baik bagi Designer maupun stakeholder terhadap design outcome yang dihasilkan. Penutup master class ini disampaikan oleh Dr. Ferric Limano, S.Sn., M.Ds., dengan materi Monetize Design Outcome. Proses perancangan model bisnis dari design outcome salah satunya dapat dilakukan dengan perancangan nine block business model canvas. Dalam business model canvas ini diambil satu block untuk dibahas yaitu customer segment yang dapat di breakdown dengan proses STP (Segmented – Targeting – Positioning). Segmented: The different groups of people or organizations an enterprise aims to reach and serve. Targeting: Targeting is the process within marketing where businesses identify specific segments of a broader market to focus their marketing efforts on. Positioning in marketing refers to the strategic process of defining how a brand or product is perceived in the minds of target consumers relative to competitors.
Master class ini menghasilkan respon yang positive dari peserta baik secara onsite maupun online, melalui berbagai macam pertanyaan yang menunjukkan ketertarikan peserta terhadap materi yang disampaikan. Pada event masterclass selanjutnya Master of Design akan memberikan banyak insight baru untuk kemajuan Industri Creative Design di Indonesia.
Comments :